Pages

SENI MUSIK



1.      Pengertian Seni Musik
Seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya. Seni musik saat ini telah menjadi salah satu sarana hiburan terpopuler seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Seni musik terdiri dari alunan musik dari alat musik dan beberapa menggunakan olah vokal. Dalam bahasa Inggris, “seni” disebut art dan “musik” disebut music.



2. Sejarah Dan Perkembangan Seni Musik
   
Menurut Wikipedia, musik dikenal sejak kehadiran manusiaa modern Homo Saphiens yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tiada siapa tahu bila manusia mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun dahulu telah menunjukkan perubahan evolusi dari pemikiran otak manusia. Dengan otak manusia yang lebih pintar dari hewan, mereka membuat pemburuan yang lebih terancang sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak ini, mereka bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan mencapai imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara mereka. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan nama panggilan untuk sesorang.
  
Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanan mereka kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.



3. Aliran Dalam Seni Musik


 Contoh beberapa aliran musik yang ada didunia, antara lain: 
  1. Alternative Rock
  2. Blues 
  3. Classical
  4. Country 
  5. Rock
  6. Rap 
  7. Jazz
  8. Death Metal
  9. R&B
  10. Reggae
  11. Dangdut 
 
4. Alat Musik Populer


 Beberapa contoh alat musik modern yang sering  dijumpai, antara lain:

  • GITAR 
  • PIANO
  • BIOLA                                                
  • HARMONIKA
  • GITAR BASS ELEKTRIK
  •  KEYBOARD
  •  DRUM
  • TROMBONE
  • TEROMPET BARITONE
  

  


Sumber Referensi: 
Dikutip: https://id.wikipedia.org/wiki/Musik
Dikutip: https://www.facebook.com/permalink.php?id=202801053191472&story_fbid=240888502716060





Agung Prihartono

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 comment: